21
Jun

sekolah_tinggi_pilotPernahkah anda mendengar sekolah tinggi pilot? Mungkin sebagian besar orang pernah mendengar tentang hal ini  sebab sekolah tinggi pilot ini telah didirikan sejak lama. Tapi hanya sedikit orang yang meminatinya karena mahalnya biaya yang harus dikeluarkan.

Kalau dulu masyarakat Indonesia hanya tahu sekolah tinggi pilot adalah STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia). Tapi kini telah banyak sekolah-sekolah pilot swasta yang didirikan di Indonesia. Pemilik sekolah ini kebanyakan adalah maskapai-maskapai penerbangan di Indonesia.

Sekolah tinggi pilot ini banyak macamnya antara lain, Alfa Flying School, Aero Flyer Institute, Bali Pilot Academy, Deraya Flying School, Jakarta Pilot School, Lombok Institute of Flight Technology, Merpati Flying School, Nusa Flying School, Proflight Flying School, NAM Flying School, Dirgantara Pilot School.

Dari banyak sekolah tinggi pilot tersebut hanya STPI sajalah yang merupakan sekolah tinggi pilot yang dibiayai oleh pemerintah. Biaya yang dikeluarkan untuk bersekolah disini hanya Rp.60,000,000 sampai Anda lulus. Jelas masih begitu besar bagi kalangan menengah ke bawah. Akan tetapi biaya tersebut sudah termasuk murah dibandingkan dengan biaya bersekolah di sekolah tinggi pilot swasta yang mencapai USD 50,000-60,000 atau setara dengan Rp 500,000,000-Rp 600,000,000.

Tentu saja uang sekolah ini setimpal dengan hasil yang akan diperoleh. Seorang pilot mempunyai kisaran gaji antara 40 – 60 juta per bulan (belum termasuk bonus tahunan). Jadi okelah bayar segitu pas sekolah, toh kalo udah jadi pilot uangnya bisa kembali dengan cepat.